Siapakah Lutfi Hakim, Ketua FLP Jawa timur yang baru

oleh: Sinta Yudisia

Saya mengenal Lutfi pertama kali di Muswil II FLP Jatim, Agustus 2008. Waktu itu kami belum begitu dekat karena baru pertama kali bertemu. Ia dipilih memimpin siding dan saya bertanya-tanya : siapa sosok imut, muda dan low profile di depan kami? Saya malaah lebih dekat dengan ustadz Achmad Fathoni, salah seorang tokoh Tebuireng J yang juga berasal dri Jombang.

Segera saja kehadirannya menyita perhatian seluruh anggota sidang sebab pembawannya cool, kalem tapi joke nya mematikan!

Lutfi Hakim. Siapa dia?

Kalau anda diganggu oleh SMS online karya-karya FLP, berita dukcita, berita si X muncul di TV, si Y memunculkan karya baru dst lalu di belakangnya tertulis…Go FLP!, bisa dipastikan anda tengah menerima SMS dari Lutfi Hakim alias Adam Muhammad alias Jarwil FLP Pusat.

Anda mungkin akan bertanya : mana sih karya Lutfi kok dia terlpilih sebagai ketua Jatim?

Kalau anda mengikuti Upgrading Nasional FLP awal 2011 Februari lampau dan melihat bagaimana teman2 dari Sabang-Merauke berkumpul, salah satunya adalah sumbangsih jiwaraga Lutfi dalam menyebarkan info FLP & UGN.

Lutfi seorang ayah dengan istri dan 2 anak.

Saya seringkali terharu melihat keluarga muda ini : mereka bersatu di UGN Kaliurang yg dingin, mereka bersama di Muswil III FLP Jatim di Surabaya. Lutfi seolah ingin menunjukkan pada dunia cintanya yg besar pada keluarga di sela-sela padatnya kesibukan, dan sang istri yg cantik rela menemani berpayah-payah (anda bisa bayangkan bgm ”mengelola” 2 pasukan kecil yg kreaatif?). Lutfi ingin menghadirkan pada kita semua, bahwa kecintaannya pada amanah dan tanggung jawab mungkin (dan pstinya) akan mengurangi wkatu bersama keluarga tercinta karenanya ia mencoba se optimal mungkin –jika masih bisa- untuk bersama keluargaa tercinta dengan mencuri-curi waktu.

Lutfi jenis orang yang tidak tegaan alias sensitif dan cepat bereaksi menghadapi tugas dakwah. Lutfi , insyaAllah orang yang amanah. Di tengah kesibukannya di Dept. Pertanian Jombang, mengurusi kegiatan2 dakwah yg lain, ia mendapatkan amanah sebagai ketua FLP Jawa Timur.

 

Apa potensi FLP Jawa Timur?

Allah SWT memberikan potensi luarbiasa pada FLP Jawa Timur. Nyaris semua ketua cabangnya adalah orang-orang handal di dunia literasi. Sidoarjo punya Lukman Hadi/Rafif Amir. Malang punya Zie, Mashdar Zainal, Flacheya, Faris Khoirul Anam, Rasyid Ridho. Surabaya punya Aferu Fajar. Jember punya Syahrizal Bakhtiar, Aulia Rahman. Blirat punya Gesang Sari. Magetan punya ustadz Syukur Mirhan. Jombang punya Lutfi yg lebih suka menulis non fiksi dan mb Ummi Kultsum yg berkali-kali menang lomba cerita anak (2x juara I Bobo) . Masih banyak lagi!

Teman-teman FLP Jawa Timur merasakan pentingnya ber organisasi dan perapihan struktur, karenanya mereka merasa sosok Lutfi Hakim kali ini insyaAllah akan lebih baik daripada sosok sebelumnya.

 

Apa yang bisa dilakukan untuk Lutfi Hakim & FLP Jawa Timur

Semalam saya tak bisa tidur dan membaca habis komik V for Vendetta karya Alam Moore dan David Lloyd. Sebuah kisah fiksi yang diangkat ke layar lebar dan dibintangi Natalie Portman. Sungguh, saya menonton V for Vendettaa berkali-kali dan selalu suka dengan sosok V, si pembalas.

Film itu begitu puitis, bermakna.

Film tentang penjara Larkhill tempat eksperimen berbahan baku manusia yg dilakukan secara biadab dan saat dunia yg berpusat di London dikuasai kelompok Finger – Jemari. Saat dunia kacau balau tanpa pemimpin, rakyt sepakat mengangkat kelompok Finger untuk menjalankan kekuasaan.

Kekuasaan yang kemudian membuat rakyat meringkuk ketakutan tanpa berani bernafas. Bertahun kemudian, saat Larkhill terbakar dan salah satu tokoh eksperimen manusia selamat, ia membalas dendam kepada semua yang terlibat dengan cara yang filosofis meski juga berbau darah. V brillian dan ia muncul di televisi.

”….kalian bersalah, karena mengangkat pemimpin dan meninggalkannya. Kalianlah yang memilihnya dan membiarkan pemimpin itu membuat kalian bungkam tak berdaya.”

Kita telah memilih Lutfi.

Kita tak ingin Lutfi menjadi Prothero atau Delia dalam V for Vendetta, manusia dengan tabir kelam yang lama kelamaan tak punya naluri kemanusiaan. Jangan biarkan Lutfi memikul amanah sendiri. Membuat proposal sendiri, membuat stempel sendiri, menfotokopi, mengedarkan proposal, mencari uang, memikirkan FLP sendiri. Mungkin kita tak peduli, sebab kesibukan kita juga sudah terlalu padat.

Jika memang, tak ada waktu tersisa lagi, kirimkanlah SMS kepada Lutfi menanyakan bgm kabarnya. Kirimkanlah SMS nasehat dan doakan, semoga Lutfi baik-baik saja.

Advertisements